Nuffnang Advertise

Selasa, 10 September 2013

5 macam warna Urine



Warna urin manusia  selain memiliki warna yang berbeda beda ternyata mamapu mendeteksi masalah kesehatan yang kamu alami lho. Seperti yang kita ketahui jika urin adalah aliran sisa yang diekskresikan ginjal yang kita keluarkan setiap hari biasa cairan urin memiliki warna yang beragam mulai dari warna putih bening sampai berwarna kuning. Warna urin yang dihasilkan ternyata memiliki fungsi untuk mendeteksi masalah kesehatan. Nah kamu ingin tahu simak 5 Warna Urin Untuk Deteksi Masalah Kesehatan  berikut ini seperti kata konsultan ahli urologi Tim Terry.

1. Kuning “Jika urin anda berwarna kuning pucat atau kuning gelap menandakan itu urin sehat,” kata konsultan ahli urologi Tim Terry. Urin berwarna demikian tergantung pada tingkat hidrasi. Patokannya jika urin Anda tetap berada di wilayah warna kuning, Anda bisa bernapas lega menandakan kesehatan anda baik-baik saja. Warna yang terlalu kuning juga kurang bagus berarti masih kurang minum air putih yang banyak. Usahakan supaya warna kencing anda bening dengan cara terapi minum air putih setiap hari minimal 2 liter sehari, minum 10 gelas dengan ukuran 200mL. pagi setelah bangun tidur langsung minum untuk awal bagi yang belum terbiasa 1 gelas, kalo yang sudah biasa 2 gelas langsung air putih yang hygienis matang/ air mineral.

2. Hijau “Jenis obat antiseptik dan anestesi dapat membuat warna semburat hijau pada urin,” kata Terry. Disebabkan oleh biru metilen, pewarna yang membuat ginjal harus bekerja keras mengurainya. jika urin Anda berwarna hijau tidak perlu khawatir. ini biasa dialami pada orang yang sedang terapi minum obat. apabila sedang tidak terapi atau normal mengalami hal ini sebaiknya segera minum air putih yang banyak supaya cepat pulih.

3. Orange “Jika urin anda berwarna orange menandakan adanya disfungsi hati,” jelas Terry. Jika urin Anda berwarna orange seperti ini biasanya disertai dengan warna tinja yang berwarna putih, ini kemungkinannya disebabkan karena ikterus obstruktif. Segera konsultasi atau berobat kedokter jika warna urin anda berwarna orange.  kemungkinan sakit kuning, apabila mengalami hal itu obat nya minum kunyit. untuk mengobati penyakit tersebut karena saya pernah mengalami nya.


4. Cokelat Urin berwarna cokelat menampakkan ada masalah pada ginjal. “Ini bisa menjadi tanda penyakit ginjal yang serius, bahkan fistula,” kata Terry. Hal ini bisa disebabkan karena ada kebocoran usus ke kandung kemih Anda. Segera konsultasi atau berobat ke dokter Anda untuk kasus ini.

5. Merah Urin berwarna merah berarti ada kandungan darah dalam urin Anda, menandakan pendarahan atau kanker. “Pada orang yang berusia lanjut lebih dari 40 tahun perkiraan pertama adalah kanker kandung kemih,” ujar Terry.

Nah itulah beberapa warna urin yang bisamenandakan masalah kesehatan yang kamu alami.
Saran saya jangan sampai setiap hari kekurangan minum air putih / air mineral karena bisa menyebabkan penyakit yang berbahaya, hal sepele tapi bisa berakibat fatal kalo sudah terkena.
lebih baik mencegah dari pada mengobati.

advertisement